Selasa, 24 Mei 2011

Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)

Pewawancara : Annisa Eka Putri

Narasumber : Bpk. Rizanur S.Pd (Guru Sosiologi SMAN 12 JakTim)

Setiap tanggal 2 Mei, kita sebagai warga negara Indonesia khususnya bagi para pelajar, pastinya akan sering memperingati "HARI PENDIDIKAN NASIONAL". Selama kita bersekolah tentunya kita sering berjumpa dengan hari tersebut. Tapi tidak banyak loh orang yang tau tentang Hari Pendidikan Nasional itu sendiri. Apa makna dan gunanya, mengapa Hardiknas itu perlu diperingati. Pada kesempatan kali ini, saya selaku pewawancara mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Bpk. Rizanur S.Pd selaku Guru sosiologi disekolah saya.
Beliau berbicara mengenai pendapatnya seputar Hari Pendidikan Nasional. Beliau berpendapat, bahwa dia sering memperingati Hardiknas itu sendiri dikarenakan dia sebagai seorang guru dan sering diadakannya upacara untuk memperingati Hardiknas itu sendiri.
Beliau juga memberikan pandapatnya mengenai Makna sebenarnya yang terkandung didalam Hardiknas itu sendiri. Ia berpendapat bahwa menurutnya Pendidikan itu sebenarnya adalah suatu usaha secara sadar dari manusia itu sendiri untuk berubah kearah yang lebih baik. Dan harus terencana dan terukur.
Dan menurutnya, pendidikan di Indonesia sendiri sudah cukup bagus. Karena telah ditetapkan standar nilai kelulusan suatu pelajaran yang cukup tinggi. Rata-rata disetiap sekolah memiliki KKM yang cukup tinggi yaitu 75. Dari faktor itu menunjukkan pendidikan Indonesia yang sudah cukup bagus.
Ada beragam cara yang dilakukan beliau dalam menyemangati ank-anak didiknya yaitu dengan cara memotivasi mereka pada saat jam pelajarannya atau pada saat dia menjadi Pembina Upacara. Dari pihak sekolahpun sering diadakan ESQ yang juga dapat memotivasi siswanya.
Beliau memberikan beberapa kata untuk para siswanya atau bahkan seluruh pelajar. Beliau mengatakan bahwa "Pendidikan itu Oke !" Karena pendidikan itu merubah pendidikan seseorang. Menutnya kalau dipelajaran Sosiologi itu sebagai Sosial Elevator.
Interview yang cukup menarik dari seorang Guru Sosiologi mengenai pendapatnya tentang Hardikna. Semoga dapat memacu kalian yah :D Selamat hari Pendidikan Nasional !

0 komentar:

Posting Komentar